Lift Rumah Hemat Ruang

Tips Memasang dan Merawat Lift di Rumah agar Tetap Aman

Pasti sudah tidak asing dengan lift atau elevator, yang biasanya bisa ditemui di gedung-gedung yang memiliki beberapa lantai. Sekarang penggunaan lift sudah tidak lagi dieksklusifkan untuk gedung-gedung tinggi saja, namun juga mulai dipasang untuk penggunaan pribadi di rumah untuk menambah kesan mewah dan elegan.  

Tips Aman Memasang Lift di Rumah

Keamanan adalah faktor utama yang harus diutamakan, tidak hanya keindahannya. Untuk bisa memasang lift di rumah dengan tetap aman, Anda harus memahami beberapa hal berikut agar tetap aman dan nyaman dalam penggunaannya. Sebenarnya untuk pemasangan sudah menjadi tanggung jawab kontraktor secara sepenuhnya, jadi kita hanya tinggal menggunakannya. Untuk berjaga-jaga saja, Anda bisa melakukan beberapa persiapan untuk rumah yang akan dipasangi lift atau elevator. Misalnya mulai berapa jumlah lantainya dan dimana peletakan yang tepat. Anda harus memperhitungkan bagaimana agar adanya lift tersebut bisa benar-benar berfungsi dengan baik, sehingga tidak rugi saat melakukan pemasangan. Pastikan setiap lantai pada rumah memiliki fungsi yang berbeda-beda, misalnya ruang tamu di lantai bawah, dapur di lantai dua, dan paling atas adalah ruang keluarga. Sehingga, adanya lift akan membantu mobilitas dan bermanfaat. Selain itu, untuk peletakannya pastikan berada pada posisi sudut yang pas, sehingga tetap enak dilihat. Anda bisa meletakkannya di sudut atau di tengah ruangan, atau di manapun terserah Anda sesuai dengan keinginan. Untuk jenis lift yang digunakan, Anda bisa menggunakan lift kabin atau lift platform, yang keduanya sama-sama digunakan untuk lift penumpang. Lift tersebut kini sudah mulai diciptakan dengan desain yang elegan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.  

Perawatan Lift di Rumah

Jika pemasangan telah selesai, Anda bisa melakukan perawatan agar tidak terjadi kendala pada lift saat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Ada beberapa hal yang harus dengan rutin Anda cek. Untuk pengecekan bulanan, biasanya akan dilakukan oleh pihak pabrik yang memang harus dilakukan setiap satu bulan sekali. Anda sendiri juga bisa melakukan pengecekan seperti oli untuk kabel sling dan guide rail. Bagian tersebut adalah bagian yang paling sering kehabisan oli, karena penggunaannya yang memang sangat banyak. Sehingga, Anda harus selalu mengeceknya dan memberikan oli saat memang sudah waktunya atau ketika memang sudah kering. Selain oli, Anda juga harus memastikan ukuran dari kabel sling tersebut tetap sesuai dengan sangkar. Pada umumnya pada jangka waktu tertentu, kabel ini akan kehilangan elastisitasnya atau melar. Sehingga jika tidak cepat diganti akan mempengaruhi kinerja lift secara keseluruhan atau jika sampai terlambat untuk mengganti ancamannya adalah terputus. Beberapa bagian lain yang juga tidak bisa tinggal adalah pada bagian motor penggerak yang ada pada bagian ruang mesin. Di dalamnya Anda bisa mengecek breker atau rem yang ada pada motor lift. Pastikan semua motor penggerak dalam kondisi yang optimal, sehingga lift tetap bisa bekerja secara optimal. Selanjutnya untuk menjaga lift tetap aman dari kerusakan, ada beberapa bagian lain yang harus selalu dicek, karena juga akan mempengaruhi kinerja lift. Misalnya seperti pada bagian sensor keselamatan yang ada pada bagian dalam lift, pintu pada sangkar lift dan juga pintu saat ada pemberhentian lantai. Jika, ada yang aneh, Anda bisa melapor ke pihak yang bertugas. Anda juga harus selalu memastikan setiap fungsi keamanan di dalam lift berfungsi dengan baik, mengecek governor apakah bisa berfungsi dengan baik, dan melakukan pengecekkan pada buffer yang ada pada pit. Bagian lain yang juga tidak boleh ditinggalkan adalah pulley yang ada pada rotasi kabel sling. Jika, Anda merasakan ada masalah pada lift di rumah Anda, jangan tinggal diam, atau menunggu beberapa saat, Anda harus cepat tanggap untuk melakukan perbaikan pada lift tersebut. Caranya adalah dengan melapor pada pihak yang memasang lift, karena pasti akan memberikan jasa perawatan untuk lift Anda. Terakhir, Anda juga perlu menjaga kebersihan pada bagian dalam lift, bagian pintu dan langit-langit. Selain untuk menjaga agar tetap indah dipandang, menjaga kebersihan akan memperpanjang umur lift dan meminimalisir kerusakan-kerusakan yang bisa saja terjadi kapan saja.

Perbedaan Lift Platform dan Lift Kabin yang Perlu Anda Ketahui

2020-03-30

Lift merupakan salah satu fasilitas yang sudah umum dijumpai pada tempat-tempat dengan beberapa lantai. Ada...

(read more)

Begini Cara Memodifikasi Lift untuk Mendukung Interior Rumah

2020-03-29

Memiliki rumah mewah dengan beberapa lantai tentu akan membuatnya tampak lebih mewah. Oleh karena itu, untu...

(read more)

Mengenal Lebih Jauh Lift Rumah Terbaru: Voyager

2020-02-17

Desain rumah yang futuristik dapat lebih memfasilitasi dengan pemasangan home lift. Teknologi canggih yang ...

(read more)

Cibes Lift Menunjuk David Harrison Sebagai Direktur Marketing Cibes

2019-09-20

CIBES LIFT GROUP MENUNJUKKAN DUKUNGAN KEPADA TEAM GLOBAL MANAJEMEN CIBES DENGAN MELAKUKAN STRATEGI PEMASARA...

(read more)

Kesuksesan Cibes Lift Indonesia di Homedec 2019

2019-07-29

HOMEDEC 2019 diadakan di JCC, Senayan pada 11-14 Juli 2019. Pameran ini menyediakan segala kebutuhan renova...

(read more)

Hubungi Cibes Lift Indonesia

PT. Cibes Lift Indonesia | (+62) 21 2452-0962 | indo@cibeslift.com

Copyright © 2019

Made in Sweden Sweden flag

Message Us on WhatsApp